Selasa, 04 Februari 2014

Suka Koleksi Buku Juga ? Sini, baca..

Oke guys!
Sadar ga sadar, kita termasuk orang yang suka baca. Entah itu buku, berita koran/internet, novel, bahkan baca status ditimline twitter atau status-status teman di facebook atau jejaring sosial lainnya. Bukan begitu?

Oke, saya mau berbagi tips bagi orang-orang yang suka baca buku atau novel kemudian mulai mengoleksinya. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa buku atau novel itu ga perlu beli lah ya, bisa minjem aja ke teman. Tapi guys! Bagi orang-orang yang udah cinta banget sama dunia baca, dan kalian ngrasain gak sih bahwa kalo buku atau novel itu milik sendiri akan ada kepuasan tersendiri? Kalo saya sih iya..

Saya gak akan banyak-banyak bahas masalah 'kocek'. Sensitip banget. Ihihii..

Gini, bagi kalian yang masih sekolah atau kuliah, diluar 'pengangguran' manfaatin deh bener-bener itu uang jajan. Sebelum kalian 'nganggur' atau lebih halusnya 'kerja yang tertunda' ekekekekekk.. Karena di masa-masa itu duit masih ngalir aja dari orangtua (bagi yang dikasih, hihi). Seenggaknya kita masih pegang duit gitu hlo, ketimbang 'pengangguran'. Hlo?? Kok dari tadi ngomongnya pengangguran melulu sih? Karena saya mengalaminya.

Oke, cusss, lanjut!

Saya dulu kuliah, perminggunya dapet uang jajan 150 rebu bahkan kadang-kadang 120 rebu, seringnya sih 120 rebu. Banyak ya? Bagi yang ngekos ya 'pas' aja deh (emot bingung). Setiap bulan atau bahkan minggu saya sempetin ke toko buku. Ngapain?? Ngemis. Ya enggak lah yaaa... lihat-lihat buku dong, anak gahol gitu, nyiahahaha :D
Kalo duit lagi ngepres buat fotocopy-fotocopy handout atau ngeprint tugas kuliah, ya cuma bisa ngiler aja ke toko buku.

Intinyaa......! Tereng...tereng...tereng........................
Kalian kudu punya target, minimal 1x dalam sebulan kudu beli buku. Kan lumayan tuh, misal kalian kuliah 3tahun, bisa ngumpulin berapa buku?

Eit...s
Jangan bilang mahal, harga buku itu relatif. Kalo kalian suka novel-novel yang tebel itu ya berkisar 70rebuan dah.. saya beli novel perahu kertas itu 75rebu. Novel termahal yang pernah saya beli. Bhahahaha... Kalo buku, yang 10rebu juga ada.. saya seringnya sih dari 10rebu sampe 40rebuan gitu.

But...but...but...
Jangan pernah sayangin duit kita buat beli buku! Ah eman-eman.. Ah mending buat jajan.. ah mending ini mending itu.. berarti belum cinta sama dunia baca tuh... buku itu ilmunya, beuuuuh jangan ditanya!

Emang kalo pinjem dosa ya?
Enggak juga sih... cuma bagi kalian yang hobi ngoleksi buku, siapa tahu beberapa tahun kedepan bisa beli stemple nama kalian buat dijadiin perpustakaan pribadi. Gahol gak tuh? :D

Eh, apalagi kalo ada bazar.. di kota-kota besar banyak sih itu yang sering ngadain bazar buku besar-besaran. Karena dulu kuliah di Pekalongan, tuh di Jetayu (kompleks museum batik) sering banget ada bazar buku. Kalo di Pemalang tuh biasanya di Gor Kridanggo. Sering-sering aja lewat jalanan Pemalang, kalo lihat spanduk agak sedeng warna ijo, itu biasanya bazar buku. Tapi dibaca dulu... ntar spanduk parte dikira bazar buku :D
Buat kalian yang di Tegal,,,, emm emmm emmmm,,, gramedia katanya sering buka lapak, bener ga? Tuh kemaren di lantai dasar (atasnya swalayan) ada tuh bazar buku, murah-murah.. adayang serba 5rebu, 10rebu, macem-macem deh..

Tips berikutnya,,,,
Kalian sebel gak kalo sampul buku kalian amburadul macam urab?? Tepi-tepinya plekitat plekitut, ih gak bingit ya..!

Simple,
Kasih tepi-tepi sampul buku baik bagian depan maupun belakang, dengan solasi. Solasi??? Iya, yang bening.. cenderung awet dan gak plekitat plekitut macam wajah jomblo *eeehh (saya juga kok), wkwkwk

Terus,,,
Kalo kalian baik hati dan tidak sombong dan sering banget minjemin buku kesana kemari, jangan malu-malu buat ngomong 'jangan ada halaman yang ditekuk' sebelum dipinjemin ke temen-temen..

Idih... pelit banget sih??
Itu namanya aturan. Mau gak ngejaga? Kalo buku awet, kan bisa tuh akhirnya temen-temen lain yang mau minjem, pahala yang mengalir juga banyak, bukan begitu?
Baru beberapa kali dipinjem udah rusak,, yang lain yang mau minjem udah gak berkesempatan, uhuhuhu, kesiaaaan...

Biar gak ditekuk-tekuk halamannya, ya kita kasih batas baca.
Kalian yang suka beli buku atau novel pasti udah tau noh, bahwa sekarang kalau beli buku atau novel kebanyakan udah dapet batas baca didalem buku atau novel tersebut. Dan kalo enggak? Ya bikin sendiri.. ga usah kaya orang susah ples ribet, kasih aja kertas, atau apa deh, kasih foto kita jg boleh, biar yang minjem gak lupa ngebalikin, wkwkwk (bercanda)

Kalo dipinjemin gitu tuh resiko hilang,,
Nah.... saya juga pernah kehilangan jejak dua novel yang saya beli 3tahun lalu, udah ga kecium baunya.
Soalnyaaaaa.......
Kita ngebiarin aja yang minjem buku kita seenaknya,, harusnya, selain tadi kita mewanti-wanti buat ngejaga tuh buku, juga jangan lupa kasih tau kalo udah selese baca dan mau dipinjem orang lain, kudu lapor ke kita duli, jadi kita tau jejak si buku itu jatuh ketangan siapa. Jangan sampe pas kita nyari tuh buku sama si A, si A bilang di si B, si B bilang di si C, sambung menyambung, panjang kaya kerete api *eh... ilang deh buku itu.

Mau minjemin buku aja banyak aturannya?
Selagi kita ngomongnya baik-baik dan gak nyolot, orang pasti bisa kok nerima aturan kita, jajalen mana! Hihi...

Demikian tips acakadut ala saya,, maapin kalo banyak salah.. lurusin kalo keblinger (apa ini?) Haha

Simpen baik-baik yahhh buku dan novel kalian, siapa tau besok jadi pemilik perpustakaan ;)

Semoga sukses!

-salam manis-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar